S I N A R
S A G A R A

Kita Harus Tahu Tentang Apa Yang Kita Jual

Kita Harus Tahu tentang Apa yang Kita Jual
Oleh: Emjae Johnson, Sumber: About.com

Topik ini mungkin tampak terlalu sederhana. Tentu saja Kita tahu apa yang Kita jual, tapi apakah Kita pernah menyempatkan waktu untuk menyusun di atas kertas mengenai fitur dan manfaat apa yang Kita jual? Ini adalah latihan yang baik yang akan membantu Kita untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tentang, "Apa yang Kita jual?". Dengan mengambil waktu dan hati-hati menjawab pertanyaan di bawah ini Kita akan segera melihat bagaimana hal itu akan mudah terungkap dan pada akhirnya memperjelas definisi dari apa yang Kita jual.
Membuat daftar informasi kunci dari "apa yang saya jual" dan melihat catatan hitam di atas kertas putih adalah alat yang sangat efektif dengan banyak kegunaan. Setelah Kita memiliki semuanya catatan di atas kertas, ini semua dapat digunakan untuk pembuatan dokumen lain yang suatu saat pasti dibutuhkan. Semua ini adalah bagian dari rencana Kita untuk sebuah strategi penjualan yang unik.

Mulailah dengan mencari tempat yang tenang tanpa gangguan selama sekitar satu jam atau lebih dan jangan lupa kopi! Kita dapat menulis dengan komputer atau dengan tangan dalam sebuah buku catatan. Sekarang mulai dengan menuliskan apa yang Kita jual dan di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab.

• Apakah saya menjual produk berupa barang, jasa atau keduanya?

• Fitur dan manfaat apa yang akan Kita jual?

• Apakah yang Kita jual merupakan barang yang baru atau unik yang hanya memiliki sedikit atau tidak ada pesaing?

• Apa fitur yang paling menarik atau manfaat dari apa yang Kita jual yang membuatnya menonjol dari semua pesaing Kita?

• Apakah produk atau jasa saya dianggap musiman?

• Apakah produk/jasa saya salah satu layanan yang akan menghasilkan penjualan berulang atau itu adalah sebuah kesepakatan penjualan satu kali?

• Jika produk sejenis yang dijual, bagaimana dengan perbedaan harga, bagaimana kualitas yang dibuat, bagaimana mereka menerima barang, bagaimana mereka akan dilayani, dll?

• Apakah saya menjual produk yang berdiri sendiri (seperti permainan anak-anak) atau tidak perlu dukungan dari produk lain (seperti filter minyak untuk mobil yang membutuhkan dukungan dari mobil khusus)

• Menjelaskan hal-hal seperti kecepatan pelayanan, ukuran, rasa, warna dan aroma dari apa yang Kita jual dan bagaimana barang-barang tersebut bisa menguntungkan pelanggan.

• Apakah layanan (jika ada) yang Kita tawarkan memberikan manfaat terhadap barang yang Kita jual ataukan kepda pelanggan?

• Jika Kita menjual barang dengan harga tinggi, bagaimana cara yang paling baik untuk menawarkannya dan pelanggan bersedia untuk membayar?

Saat Kita menganalisa melalui daftar ini tentu akan banyak ide muncul tentang apa yang Kita jual. Kita juga bebas untuk menambahkannya di dalam uraian karena hal ini bukanlah merupakan daftar lengkap pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan ini hanya ditujukan untuk mencoba memulai mengeksplorasi mengenai kelebihan dan kelemahan dari yang produk atau jasa kita.



Translate & editing by Dadang Osthea


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARGET

Danau Dua Rasa

Marketing & Sales