S I N A R
S A G A R A

Marketing & Sales

Apa perbedaan antara pemasaran dan penjualan?
Mari kita berpikir sejenak tentang pertanyaan ini.
Kita sering mendengar tentang pemasaran. Di dunia bisnis, para pelaku usaha pasti tahu sesuatu yang harus dilakukan. Tapi apa sebenarnya pemasaran itu? Ada begitu banyak definisi yang menjelaskan tentang pemasaran. Kita juga sering mendengar tentang penjualan, Apakah ada perbedaan diantara keduanya?

Tanpa pemasaran tentunya kita tidak akan memiliki prospek atau arahan untuk menindaklanjutinya ke tingkat penjualan. Namun demikian, tanpa teknik dan strategi penjualan yang baik pun kita tidak akan bisa menutup penjualan yang optimal seperti yang diharapkan.

Pemasaran adalah proses pengajaran konsumen, mengapa mereka harus memilih produk atau jasa kita atas pesaing-pesaing kita. Cukup sederhana! Kuncinya adalah menemukan metode yang tepat dan menentukan pesan yang tepat yang dapat digunakan untuk mendidik dan mempengaruhi konsumen kita.
Pemasaran adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk mencapai dan membujuk prospek atau calon pembeli. Pemasaran ini memerlukan langkah-langkah proses yang digunakan untuk menjangkau dan meyakinkan prospek bahwa kita adalah penyedia suatu barang atau jasa bagi kebutuhan mereka. Dalam artian bahwa kita bisa memberikan keuntungan atau profit bagi mereka. Dan ini adalah suatu pesan/sinyal yang mempersiapkan prospek untuk bisa menerima barang atau jasa yang ditawarkan. Pemasaran ini biasanya dilakukan dengan beberapa cara seperti misalnya iklan, public relations, event, surat penawaran dsb.  Sedangkan penjualan adalah suatu proses yang dilakukan untuk  menutup penjualan dengan menghasilkan suatu transaksi baik berupa pembelian, pesanan ataupun penandatanganan suatu kontrak atau perjanjian. Proses penjualan ini biasanya dilakukan dengan cara interaksi antar personal dengan melakukan suatu pertemuan, baik secara langsung berkunjung ke tempat calon prospek ataupun dilakukan perjanjian melalui telepon. Dan ini biasanya, sesuatu yang melibatkan kita dengan prospek atau pelanggan pada tingkat pribadi. Pembicaraan akan lebih “hangat” dan memudahkan calon pelanggan untuk digiring agar dapat menutup penjualan.

Jika marketing dapat dilakukan secara efektif, kita dapat mulai bergerak memimpin pembicaraaan dari dingin menjadi lebih hangat. Ketika respon prospek itu "hangat", tingkat itu jauh lebih mudah untuk menutup penjualan secara profesional.
Keduanya merupakan kebutuhan dasar untuk keberhasilan suatu bisnis. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan proses yang baik. Dengan strategi menggabungkan kedua cara tersebut, akan sangat meningkatkan keberhasilan dan mempercepat proses pertumbuhan suatu bisnis. 
.
Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat siklus yang mana adanya saling keterkaitan antara pemasaran yang baik dan penjualan, untuk memindahkan prospek dari satu tingkat ke tingkat yang berikutnya. Itulah sebabnya perlu mengembangkan proses yang memadukan pemasaran dan penjualan. Dan hal ini akan sangat memungkinkan kita untuk mencapai prospek di semua tingkatan; dingin-hangat-panas. Ini semua adalah keseimbangan pemasaran dan penjualan.

Salam Sukses!
Dadang Osthea

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TARGET

Danau Dua Rasa

Kita Harus Tahu Tentang Apa Yang Kita Jual